Selamat datang di website resmi Sego Pecel Cakdoell, Kamu bisa pesan makanan di sini atau sekedar berselancar untuk menukar wawasan. Gratis pesan antar untuk area Sembung, Kekeran, Pekilen, Binong, Sayan, Denkayu, Blayu dan sekitarnya. Selamat menikmati!

Minggu, 06 Juni 2010

Jebakan Politik Dari Golkar

Beberapa hari terakhir situs berita online langgananku gencar memberitakan wacana 15 milyar per dapil (daerah pemilihan pada pemilihan umum). Kemudian nampaknya wacana itu sudah resmi menjadi usulan dari Partai Golkar yang sejak awal antusias melempar wacana tersebut. Yang namanya usulan, tentu ada pihak yang pro dan kontra lengkap dengan argumennya masing-masing. Mulai dari yang halus sampai yang paling kasar, dari sekedar komentar sampai yang paling menyerang. Itulah salah satu pekerjaan anggota DPR.

Aku, meskipun bukan anggota DPR, tergoda juga untuk menilai wacana yang kemudian menjadi usulan itu. Soal pro kontra, jelas aku kontra, karna soal penyaluran dana untuk pembangunan dll adalah tugas pemerintah. DPR cukup sebagai pengawas. Tapi bukan itu yang ingin aku suarakan. Ada hal lain yang aku temukan dibalik usulan itu.

Uang 15 milyar Rupiah per-dapil, tentu bukanlah jumlah yang 'wah' buat partai yang satu ini. Seperti kita ketahui sebagian anggotanya telah bergelimang harta lengkap dengan sumbernya. Sebaliknya, jumlah itu justru sangat menggiurkan bagi partai-partai lain di Senayan. Apalagi bagi partai kecil dan tidak punya sumber dana 'basah'. Partai Golkar sedang memanfaatkan kondisi itu untuk memulai manuvernya. Targetnya jelas, 2014. Ketika dana itu benar-benar cair misalnya, aku tidak yakin Partai Golkar akan menggunakannya. Pihaknya justru akan sibuk mengamati partai-partai lain dalam penggunaan dana itu. Golkar paham, ketika sebuah partai membutuhkan biaya untuk bertahan, dan ada dana segar dihadapannya, pasti tergoda. Intinya, ini adalah jebakan Golkar untuk mencoreng partai-partai kecil yang mencuri suaranya. Karna tidak ada yang bisa menjamin apakah penggunaan dana itu nantinya tidak melanggar hukum. Dan ketika itu terjadi, Golkar tidak akan segan-segan menyerang partai yang bersangkutan dengan isu yang menyangkut dana tersebut seperti money politic, korupsi, dll.

Itulah pendapatku. Lepas dari apapun motif yang ada, semoga usulan dana tersebut tidak akan pernah direalisasikan. Karna baik DPR maupun Pemerintah, sudah punya tugas masing-masing. Jelas dan gamblang.

Badung, 07 Juni 2010
Doell Ohara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar