Selamat datang di website resmi Sego Pecel Cakdoell, Kamu bisa pesan makanan di sini atau sekedar berselancar untuk menukar wawasan. Gratis pesan antar untuk area Sembung, Kekeran, Pekilen, Binong, Sayan, Denkayu, Blayu dan sekitarnya. Selamat menikmati!

Rabu, 02 Juni 2010

Aneh Tapi Nyata


Kalimat yang aku jadikan judul tulisan ini mungkin telah akrab ditelinga kita selama ini. Iya, ada hal aneh yang sedang terjadi saat ini.

Aneh karna harga sebuah produk dinaikkan justru disaat konsumennya semakin banyak. Alasannya subsidi dan subsidi. Idealnya seorang pedagang akan semakin berlimpah keuntungannya seiring membludaknya pembeli. Tapi kenapa yang terjadi justru sebaliknya untuk sebuah produk yang bernama 'elpiji'. Konversi yang dilakukan pemerintah dari minyak tanah ke elpiji praktis meningkatkan omset penjualan gas tersebut. Sehingga keuntungan yang paling kecil sekalipun seharusnya sudah bisa dirasakan. Lha ini alih-alih merasakan keuntungan, yang ada malah minta menaikkan harga jual. Kalau sudah seperti dimana kesalahannya? Pertamina, sebagai pihak terkait seharusnya tidak gemar melirik kenaikan harga sebagai solusi mengatasi permasalahannya. Sebelum kenaikan harga menjadi opsi, seharusnya hal-hal yang mempengaruhi pembentukan harga sebuah produk itu lebih dulu dituntaskan. Aku memang buta akan ilmu ekonomi dan entah apalah yang berhubungan. Tapi satu yang aku pahami adalah ketika omset meningkat, maka keuntungan pun akan meningkat. Bahkan dengan selisih paling tipis sekalipun. Inilah yang menurutku menjadi aneh. Tapi nyata karna kenyataannya memang ada permintaan kenaikan harga.

Sebagai warga kelas bawah, aku tentu berharap kenaikan ini tidak benar-benar terjadi. Bisa dibayangkan, kalau minyak tanah sudah mahal, lalu kapan aku sebagai warga kota kelas bawah akan menikmati hasil pembangunan? Ketika sebagian sembako sudah di tangan dengan susah payah, haruskah bersusah payah sekali lagi untuk memakannya? Semoga yang bersangkutan segera mendapatkan pencerahan.

Photo by. Doell, 15/05 '10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar