Selamat datang di website resmi Sego Pecel Cakdoell, Kamu bisa pesan makanan di sini atau sekedar berselancar untuk menukar wawasan. Gratis pesan antar untuk area Sembung, Kekeran, Pekilen, Binong, Sayan, Denkayu, Blayu dan sekitarnya. Selamat menikmati!

Selasa, 11 Mei 2010

Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan


Menyambut hari raya Galungan dan Kuningan, Taman Buaya dan Reptil Indonesia Jaya Bali turut berpartisipasi memasang penjor. Penjor merupakan salah satu ciri khas utama dalam perayaan galungan. Ini terlihat dari antusiasme warga yang merayakan galungan untuk selalu memasang penjor dimanapun mereka tinggal. Termasuk karyawan taman buaya yang tinggal di dalam mess. Mereka bahu membahu membuat penjor, berlomba menerapkan kreatifitasnya pada sebuah bambu. Menghias penuh suka dan canda. Tak heran bila setiap galungan tiba, penjor dapat kita temui disepanjang jalan. Bahkan ruas-ruas kecil sekalipun.

Penjor, adalah sebuah bambu yang diambil dari pangkal hingga ujungnya. Lalu dihias dengan janur disepanjang ruas dan diujungnya terdapat yang paling ujung akan digantungkan sebuah sampiyan, yaitu hiasan menyerupai lampion yang terbuat dari janur yang sudah dikeringkan. Sampiyan akan menggantung di ujung bambu sehingga nampak melengkung menyerupai padi yang siap panen. Namun lebih panjang, lebih tinggi.

Itulah penjor, bambu yang terhias indah dengan janur aneka warna. Ditancapkan di sepanjang jalan. Menjadi indah dengan beragam warna dan kreasi. Namun tetap satu kesamaan, tinggi dan melengkung ke jalan. Bila kita datang ke Bali saat Galungan tiba, maka kita pasti bisa menikmati keindahan penjor. Penasaran? Silahkan datan ke Bali dan sekalian menyempatkan diri juga mampir ke taman buaya.

Photo by. Doell, 11/05 '10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar