Selamat datang di website resmi Sego Pecel Cakdoell, Kamu bisa pesan makanan di sini atau sekedar berselancar untuk menukar wawasan. Gratis pesan antar untuk area Sembung, Kekeran, Pekilen, Binong, Sayan, Denkayu, Blayu dan sekitarnya. Selamat menikmati!

Sabtu, 01 Mei 2010

Nasib Hutan Di Negaraku


Pada tanggal 28 April 2010, aku menemukan sebuah berita di salah satu koran yang terbit di Bali tentang tuduhan sebuah LSM internasional terhadap salah satu perusahaan besar di Indonesia. Tuduhan itu seputar perusakan hutan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
Lepas dari benar atau tidaknya semua itu, aku sebagai warga negara biasa telah melihat begitu banyak tempat yang dulunya hutan kini menjadi ladang-ladang palawija, perumahan bahkan vila-vila mewah. Ironisnya di beberapa tempat nan jauh, pemerintah masih mengijinkan adanya Hak Penebangan Hutan (HPH).
Mungkin karna pejabat terlalu asyik berpolitik, sehingga hal-hal yang jauh darinya tidak terpikirkan. Padahal keberadaan hutan terbukti sangat vital dalam menjaga keseimbangan alam. Banjir dan longsor adalah peringatan yang setiap tahun selalu muncul. Kekeringan dan hilangnya banyak satwa adalah sebagian dampaknya. Namun sampai sekarang masih saja aku dengar berita tentang perusakan hutan.
Aku rasa semua kembali kepada ketegasan pemerintah. Tapi masih bisakah pemerintah tegas? Melihat penyelenggara pemerintahan akhir-akhir ini, nampaknya jauh dan berat kalau tidak boleh dibilang mustahil untuk bisa berbuat lebih baik. Bukan pesimis, tapi kenyataan dan mencoba rasional.
Photo by. Doell, 28/04 '10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar